Asam & Gula Jawa Pilihan

Craftoflove.idCatering Pernikahan Jakarta. Asam jawa yang digunakan, kata Febby, tak bisa sembarangan. Harus yang segar dan baru matang di pohon. Jika belum matang, cita rasa masam pada kuenya akan terasa sangat kuat. Namun sebaliknya, rasa otentik buah asam segarnya tak akan terasa saat disantap. Maka dari itu, tak jarang Febby harus terjun langsung ke sejumlah pasar tradisional untuk membeli dan mengecek langsung kualitas asam jawa yang akan dipakainya. “Kadang kala dari 1 kilgram asam jawa yang saya beli, belum tentu semuanya memiliki kualitas yang sama. Jadi harus betul-betul dipilih,” tegas alumnus Universitas Diponegoro itu lagi.

Baca juga : rebornmind.org

Selain buah asam, yang tak kalah penting adalah soal memilih gula jawa. Pasalnya, terkadang ada saja produk gula jawa yang telah dicampur gula pasir alias tak murni lagi. “Untungnya saya sudah punya supplier tetap untuk mengongtrol kualitas gula jawanya,” sambungnya, seraya mengatakan ia dibantu 2 asisten dalam memproduksi Tamarind Cake.

Baca juga : revogayahidup.com

Ada dua varian ukuran kue asam jawa yang dibuat Febby. Ukuran besar berbobot 400 gram seharga Rp 60 ribu dan versi mini seberat 180 gram Rp 35 ribu. “Ukuran yang besar bisa disajikan untuk 4-5 porsi. Yang kecil, untuk 1-2 porsi saja,” ujar anak ke-2 dari 5 bersaudara ini. oh ya, Febby juga menyediakan variasi toping pada kue asam jawanya. Seperti kismis, prune, chocochip, dan mix nut atau campuran kacang tanah dan almon.

Masa konsumsi produk ini tak terlalu lama, hanya 3-4 hari saja. Dan pembelian dalam jumlah banyak, disarankan untuk memesan 1 hari sebelumnya. Selain memesan langsung, Tamarind Cake juga dapat ditemui di Veltvet Bake Shop yang berlokasi di Jalan Majapahit No. 127A, Semarang. Toko kue ini buka pukul 08.00- 20.00 WIB. “Saya juga aktif memasarkan kue lewat Instagram maupun Facebook. Untuk makin mengenalkan ke publik, terkadang saya juga ikut bazar kuliner, sebagai test food ke calon pelanggan,” imbuhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *