Berapa Jumlah Gerakan Janin Hari Ini

Seberapa sering janin bergerak dan seberapa kuat gerakannya bisa menjadi acuan awal apakah janin dalam kondisi sehat atau gawat. Pasti bahagia banget, ya, Ma, saat bisa merasakan janin bergerak untuk pertama kalinya.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Setelah di trimester pertama Mama hanya bisa merasakan kehidupan sang buah hati lewat suara detak jantungnya tatkala melakukan pemeriksaan USG, kemudian masuk trimester kedua atau dimulai pada minggu ke-16, Mama bisa merasakan tanda-tanda kehidupan yang lebih nyata: janin bergerak! Senangnya bukan main. Namun, bila di usia kehamilan 16 minggu, Mama belum merasakan gerakan “lembut” yang kadang hanya berupa denyutan pada perut, sebaiknya tak perlu panik.

Soalnya, untuk kehamilan anak pertama, biasanya mamil baru akan merasakan gerakan janin di sekitar minggu ke-18 dan 20, sedangkan mamil yang sedang mengandung anak kedua, biasa saja sudah merasakan gerakan janin di kisaran minggu ke-16 atau 18. Dengan kata lain, pengalaman pertama merasakan janin bergerak bisa berbeda pada tiap mamil. CUKUP 10 GERAKAN Dengan memantau gerakan janin, Mama jadi lebih tahu jam berapa saja biasanya janin senang diajak main dan bergerak.

Atau, pada jam berapa ia beristirahat atau mungkin sedang tertidur. Dengan begitu, Mama tahu kapan waktu yang tepat untuk menghitung gerakannya sambil mengajaknya bicara. Namun yang utama, mengamati gerakan janin dinilai menjadi cara paling mudah untuk mendeteksi kesejahteraannya di dalam rahim. Apakah ia dalam kondisi baik atau sebaliknya. Janin cukup pintar untuk memberi tahu tentang segala kondisi yang ia alami.

Saat ada kondisi yang membuatnya merasa tak nyaman, respons yang paling mudah dideteksi ialah gerakannya yang semakin berkurang atau malah tak ada sama sekali. Sehingga, menghitung gerakan janin diharapkan bisa menghindari janin dari risiko yang disebabkan kondisi gawat janin, seperti risiko kematian dalam kandungan. Sebenarnya, sejak Mama bisa merasakan gerakan janin sudah disarankan untuk menghitung berapa banyak gerakan yang dibuat oleh buah hati dalam satu hari. Nah, mulai minggu ke-28 untuk kehamilan tak berisiko dan minggu ke-24 untuk kehamilan dengan risiko, menghitung gerakan janin sudah menjadi “kewajiban” sehari-hari Mama.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *