Pahami Karakteristik dan Manfaatnya Bagian 2

Beberapa jenis lampu HID tersebut memiliki perbedaan dari posisi kedudukan bohlam. Sementara untuk mengen dalikan voltase dan aliran listrik, biasanya lampu HID ini dilengkapi dengan pe rangkat ballast. Bukan tanpa alasan ketika kita hendak meng ganti Lampu utama dengan HID. Pasalnya HID memiliki tingkat terang yang jauh lebih baik dibanding lampu halogen. Ia ditentukan berdasarkan satuan de rajat Kelvin dan punya karakteristik warna yang berbeda.

”HID itu ada yang dari 9.000, 8.000, 6.000, 4.300, sampai 3.000 Kelvin. Se makin kecil satuan de rajat Kelvinnya, ia akan semakin baik. Misalnya saat hujan, kalau kita memakai HID yang 6.000 Kelvin ke atas daya pan carnya justru akan lebih bias. Mobil-mobil sandar dengan HID projector rata-rata dia itu 4.300 Kelvin. Sementara warna penca hayaan nya kalau kita tidak mau terlalu putih bisa menggu nakan yang 3.000 Kelvin agak kekuningan” kata Jimin lagi.

Namun permasalahan klasik yang kerap muncul ialah ketika lampu HID coba dipaksakan untuk dipasang pada halogen headlamp re ?ector. Cahaya lampu yang terpancar memang terang benderang, namun pendar cahayanya terutama di area yang sangat gelap itu berantakan. Tidak hanya itu, dalam penggunaan yang cukup lama ia akan kerap meninggalkan bekas kehitaman pada dinding dinding reflektor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *