Tak Bisa Unduh Apps? Ini dia Solusinya

Google Play Store merupakan penghubung bagi penggunanya untuk mendapatkan berbagai aplikasi. Terkadang permasalahan muncul saat Anda hendak mengunduh salah satu aplikasi yang tersedia. Permasalahan yang terjadi ditampilkan berupa pesan ataupun kode error yang nantinya bisa dilacak penyebab ataupun solusinya.Pesan ini disebabkan oleh beberapa hal yang terjadi di seputar aplikasi layanan Google. Berikut diantaranya:.

Tak Bisa Unduh Apps? Ini dia Solusinya

Ada tiga cara alternatif yang bisa Anda lakukan dimana biasanya cukup dengan melakukan cara pertama, hal tersebut sudah bisa memperbaiki permasalahan. Namun jika belum berhasil, Anda bisa langsung mencoba cara kedua dan ketiga. Permasalahan ini biasanya teratasi setelah pengguna mengupdate sistem ke Android 4.2 atau 4.3, Pengguna tidak bisa melakukan update ataupun mengnduh aplikasi sebagaimana mestinya. Jika Anda menghapi permasalahan ini, berikut beberapa solusi yang bisa dicoba:

Masuk ke aplikasi Settings>Applications>All dan arahkan ke Google Services Framework. Pada halaman Google Services Framework ini tekan pilihan Clear Data dan tekan OK.

Masuk ke aplikasi Settings>Applications>All dan arahkan ke Google Play Store. Geser ke bawah dan tekan Clear cache. Lakukan lagi hal yang sama dengan membersihkan cache pada Google Play Services.

Hapus akun Google Play Store yang berada di Settings>Appl ications>Downloaded Pilih Google Play Store, tekan Clear data dan Clear Cache. Masukkan lagi (login) akun Google Play Store yang Anda miliki.

Permasalahan ini biasanya teratasi setelah pengguna mengupdate sistem ke Android 4.2 atau 4.3, Pengguna tidak bisa melakukan update ataupun mengnduh aplikasi sebagaimana mestinya. Jika Anda menghapi permasalahan ini, berikut beberapa solusi yang bisa dicoba:

Cara termudah adalah dengan menghapus terlebih dahulu akun Google yang Anda miliki, dan kemudian login lagi menggunakan akun tersebut. Caranya masuk ke Settings>Accounts>Google. Tekan akun Google yang dimiliki, pada akun tersebut tekan tombol fisik Menu guna menampilkan pilihan Remove Account. Tekan tombol ini untuk menghapus akun. Selanjutnya login kembali Google Play menggunakan akun Google yang Anda miliki.

Jika terdapat lebih dari satu akun Google yang terpasang, hapus salah satu akun tersebut. Atau hapus terlebih dahulu semua akun yang ada. Dan selanjutnya masukkan akun Google utama yang hendak digunakan. Cara ini mirip dengan cara pertama di atas.

Cara alternatif berikutnya yaitu dengan menghapus semua akun Google yang ada (mirip dengan cara ke dua). Selanjutnya masuk ke aplikasi Settings>Apps>All. Bersihkan semua pilihan Clear Data pada Google Play Store, Google Service Framework, dan Download Manager. Lakukan restart pada perangkat dan buka Google Play Store dan masukkan kembali akun Google. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *