Bagaimana Code.Org Melatih Potensi

Jika Anda ingin mengetahui dan benar-benar merasakan mudahnya belajar algoritma dan pemrograman dari code.org, ada baiknya, Anda mengunjungi situsnya dan melakukan pendaftaran. Pendaftarannya pun tidaklah rumit, Anda hanya perlu melakukan Sign-Up dan memilih peran yang tepat, yaitu sebagai guru (Teacher) ataupun murid (Student). Anda bahkan juga bisa login menggunakan akun Facebook, Google, ataupun Microsoft. Bagi Anda yang tidak ingin melakukan login, tetap dapat menikmati pembelajaran yang diberikan.

Baca juga : Net89

Setelah selesai melakukan login, Anda bisa langsung menikmati menu yang menjadi unggulan dari code.org ini, yaitu “Hour of Code”. Hour of Code merupakan pembelajaran yang menggunakan bantuan visual dengan karakter Angry Bird dan juga Zombie di game Plant vs Zombie. Pengguna cukup melakukan drag & drop untuk menyusun langkah program yang sudah dipikirkan. Jika sudah mantap, tombol “Run” bisa ditekan dan mengamati hasilnya. Jika masih belum tepat, pengguna bisa mengulanginya lagi. Menariknya, jika penasaran dengan programnya, pengguna diijinkan untuk melihatnya dengan menekan “Show Code”.

Tentu saja, code.org tidak akan meninggalkan pengguna belajar tanpa adanya bimbingan. Selalu ada petunjuk sebelum memulai sebuah materi baru. Tidak tanggung-tanggung, tokoh yang terkenal dalam dunia teknologi pun menjadi tutornya, beserta engineer lainnya. Dua diantara tokoh tersebut adalahMark Zuckerberg dan Bill Gates. Kegiatan bernama “Unplugged Activity” ini akan memberikan materi berupa video. Tetapi, sadar akan kecepatan internet di negara lain belum tentu secepat di Barat, code.org juga menyajikannya dalam bentuk teks atau menu “No video ? Show Notes”.

Materi yang diberikan pun beragam. Pengguna tidak hanya diajari algoritma dan pemrograman yang simpel seperti bergerak lurus, ke kanan, dan ke kiri. Pengguna juga akan dilatih logikanya menggunakan loop (pengulangan), nested loop (pengulangan dalam pengulangan) hingga debugging. Beberapa sesi juga akan diisi oleh pertanyaan multiple choice. Code.org memiliki visual yang menarik dan membuat pemrograman lebih mudah dipahami. Tidak hanya blok-blok langkah saja yang bisa kita susun, di code.org ini, kita juga bisa belajar bagaimana program tersebut ditulis. Code.org juga memberikan opsi menampilkan petunjuk dalam teks untuk menyiasati penggunaan bandwidth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *