Rawon Untuk 4 porsi ala Catering Kantor Jakarta

Rawon Untuk 4 porsi ala Catering Kantor Jakarta

Bahan: 400 gr daging sengkel, potong 3 x 3 cm 2000 ml air 10 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya 2 btg serai, memarkan 2 cm lengkuas 1 btg daun bawang, potong 1 cm 3 sdt garam 2 sdt gula pasir 1/2 sdt merica bubuk 1 sdm bawang merah goreng, untuk taburan 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus: 3 btr kemiri, sangrai 2 cm kunyit, bakar 7 bh keluak, seduh 8 btr bawang merah 3 siung bawang putih

Bahan Pelengkap: 150 gr taoge pendek

Cara membuat: 1. Rebus daging sampai setengah matang. Ambil kaldunya 1.750 ml. Rebus lagi sampai mendidih. 2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai dan daun jeruk sampai tercium bau yang harum. Dan Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke dalam rebusan daging. 3. Masukkan garam, merica bubuk dan gula merah. Masak di atas api kecil sampai matang. Taburkan bawang merah dan pelengkap taoge.

Macam macam Sambal

Sambal Matah satu lagi saus yang serupa. sambal matah. asalnya dari bali. Kesegarannya sama. perbedaan utama dengan salsa, sambal matah menggunakan serai sehingga aromanya lebih harum. Kesegarannya bukan hanya diperoleh dari air jeruk, tetapi juga dari serainya. sama-sama menggunakan minyak, tetapi sambal matah lebih sering menggunakan minyak bekas pakai sehingga aroma makanannya lebih terasa.

Tomato salsa “salsa” dalam bahasa spanyol berarti “saus”. bahan utamanya cabai, olive oil, dan jeruk. bahan tambahannya bisa berbeda. Misal, tomat atau nanas. rasanya sangat segar. seperti saus pada umumnya, tomato salsa disajikan sebagai cocolan. selain orang spanyol, orang Meksiko juga punya salsa.

Sambal Dabu-Dabu sambal orang manado atau makassar ini sangat multiwarna. Cabainya dipilih merah dan hijau, begitu juga tomatnya. rasanya sangat segar berkat campuran tomat dan jeruk. perbedaan utamanya dengan salsa, dabu-dabu tidak menggunakan minyak. Fungsinya sama sebagai pelengkap atau cocolan. biasanya untuk ikan bakar.

Guacamole saus cocolan orang Meksiko ini tidak begitu mirip, tetapi punya fungsi yang sama yaitu sebagai cocolan. Namun melihat saus ini tetap mengingatkan kita pada tiga saus sebelumnya karena unsur warna-warninya tetap ada. Hanya saja penggunaan avokad yang banyak membuat warna hijaunya jadi dominan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *